Leap Menyabet Penghargaan Produk Digital Terbaik di Indonesia dari Asian Technology Excellence Awards | Asian Business Review
, Indonesia
408 views

Leap Menyabet Penghargaan Produk Digital Terbaik di Indonesia dari Asian Technology Excellence Awards

Inisiatif ini meraih penghargaan Indonesia Technology Excellence Award for Digital - IT Services di Asian Technology Excellence Awards.

Berdasarkan data dari situs Startup Ranking, Indonesia menempati posisi ke-6 sebagai negara dengan pertumbuhan startup terbanyak di dunia. Startup Ranking mencatat hingga September 2022 sebanyak 2.421 startup telah didirikan di Indonesia. Dengan sumber daya yang melimpah, Indonesia terbukti menjadi negara yang potensial untuk mengembangkan startup.

Melihat peluang di atas, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menghadirkan Leap sebagai kendaraan untuk mengakselerasi transformasi digital di Indonesia. Kesuksesan Leap telah diakui dunia internasional karena berhasil menyabet penghargaan Indonesia Technology Excellence Award for Digital terbaik kategori IT Service yang dinobatkan oleh Asian Technology Excellence Awards.

“Sebagai bentuk strategi dan komitmen perusahaan untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia, Telkom menciptakan Leap sebagai umbrella brand dari berbagai produk digital yang menghadirkan solusi untuk mendukung pembangunan sosial dan ekonomi Indonesia,” ungkap Direktur Digital Bisnis Telkom Fajrin Rasyid.

Fajrin memaparkan, ada tiga strategi utama yang dibawa Leap untuk mengembangkan bisnis digital, yakni build, borrow, dan buy.

Melalui strategi membangun, Telkom sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berupaya mengembangkan kapabilitas infrastruktur digital serta meningkatkan kompetensi talenta digital di tanah air. Kemudian dengan menerapkan strategi meminjamkan, Leap membangun kemitraan strategis dengan berbagai perusahaan teknologi besar dari dalam maupun luar negeri. Selanjutnya melalui strategi pembelian, Leap melakukan investasi yang mengutamakan sinergi sehingga dapat mendorong kapabilitas di lingkup Telkom Group.

“Leap adalah core engine transformasi untuk mewujudkan kedaulatan digital Indonesia. Melalui berbagai inovasi yang dimiliki Leap, ke depannya diharapkan akan semakin banyak solusi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Kehadiran Leap akan berdampak besar bagi Indonesia untuk melakukan lompatan sehingga bisa setara dengan negara-negara maju lainnya di dunia,” papar Fajrin.

Beberapa produk digital di bawah naungan Leap antara lain MyTEnS, Pijar, Agree, Logee, PaDi UMKM, BigBox, Antares, serta produk digital lainnya. Asian Technology Excellence Awards juga memilih MyTens sebagai pemenang dalam kategori Enterprise Software – Telecommunications.

MyTEnS merupakan produk digital dari Leap yang hadir untuk memenuhi kebutuhan transparansi dan penyederhanaan proses bisnis. Pemanfaatan MyTEnS mampu mengakselerasi kinerja bisnis dan meningkatkan pengalaman konsumen.

Sejak diluncurkan pada Januari 2020, MyTEnS telah terbukti memberikan manfaat yang signifikan dan berhasil meningkatkan profitabilitas para Account Manager (AM) perusahaan yang menggunakan MyTEnS.

Dalam aspek non-finansial, MyTEnS mampu meningkatkan produktivitas dan keterampilan AM saat berjualan. Sebab, AM hanya membutuhkan satu platform untuk menyelesaikan semua pekerjaannya.

“Sebanyak 73% AM yang telah menggunakan MyTEnS mengaku mendapat kemudahan dalam bekerja sehari-hari, bahkan manfaatnya melebihi ekspektasi mereka,” jelas Fajrin.

Selanjutnya Pijar Mahir merupakan platform pendidikan digital yang memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Pijar Mahir menyasar para pekerja potensial melalui pemberian pelatihan yang tepat dan dibimbing oleh mentor yang berpengalaman. Sejak 2020 hingga saat ini, Pijar Mahir telah digunakan oleh lebih dari 1,4 juta pengguna dan terus bertambah. Platform ini juga telah memberikan lebih dari 2.000 pelatihan serta lokakarya untuk menjadikan UMKM di Indonesia naik kelas.

Leap juga mengenalkan platform agrikultura berbasis aplikasi bernama Agree, yang menjangkau sektor pertanian, perikanan, agrobisnis untuk mendukung ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan di tanah air.

Aplikasi Agree telah digunakan hampir di seluruh wilayah Jawa Barat, Lampung, dan Lombok. Agree menjembatani transaksi hingga lebih dari Rp213 miliar dan menghubungkan lebih dari 72 ribu petani dengan lebih dari 150 perusahaan pertanian di seluruh Indonesia.

Sementara itu, produk Leap lainnya yakni Logee, berhasil membantu mentransformasikan sektor logistik di Indonesia seiring dengan pesatnya perkembangan perdagangan yang ada. Logee memberikan solusi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sektor logistik, terutama untuk menekan tingginya biaya logistik yang ada.

Sejak diluncurkan, Logee juga telah berhasil menyatukan lebih dari 140 pemilik kargo, lebih dari 230 pengemudi truk, dan lebih dari 13 ribu unit armada logistik, kepada ribuan pengguna yang ada di Indonesia.

Produk lainnya, yakni PaDi UMKM, telah memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM untuk menjalin transaksi dengan BUMN tanah air. Platform PaDi UMKM menciptakan ekosistem di sektor UMKM yang lebih efisien dan mudah dalam proses transaksi serta mendapatkan tender. Saat ini, lebih dari 71 ribu UMKM dan lebih dari 59 BUMN telah terdaftar di PaDi UMKM, dengan nilai transaksi yang tercipta hingga lebih dari Rp24 triliun.

Belum cukup sampai di situ. Leap juga memiliki produk digital bernama BigBox, sebagai solusi Big Data dan menciptakan integrasi ke dalam satu data untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. BigBox mampu menyederhanakan proses pengolahan data yang kompleks, dan memberikan solusi bagi perusahaan dengan cepat dan mudah.

PT Pertamina sudah merasakan manfaat BigBox. Lebih dari SPBU milik Pertamina yang ada di seluruh Indonesia berhasil diintegrasikan, sehingga lebih dari 15 juta transaksi harian di SPBU Pertamina berjalan dengan lancar dan aman.

BigBox juga membantu memuluskan sistem informasi Covid-19 Vaccine One Data yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan. Implementasi yang dilakukan adalah memanfaatkan teknologi Big Data Multicluster sehingga mampu memproses lebih dari 50 juta transaksi API setiap bulannya.

Terakhir, Leap juga memiliki Antares sebagai penyedia solusi Internet of Things (IoT) end-to-end untuk meningkatkan kualitas perusahaan yang menggunakannya. Melalui Antares, Leap berupaya menjawab tantangan bisnis pelanggannya dengan membantu mengoptimalkan, menumbuhkan, dan mentransformasikan model bisnis mereka menggunakan IoT.

Antares telah dimanfaatkan oleh berbagai sektor, termasuk smart farming, smart manufacturing, smart city, dan smart transportation. Antares turut mendukung pemerintah serta perusahaan swasta di Indonesia untuk mempercepat implementasi digital.

Telkom terus bertumbuh dan berkembang menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang inovatif. Penghargaan bergengsi yang didapat Leap dari Asian Technology Excellence Awards menjadi bukti bahwa Telkom adalah perusahaan yang mampu mengikuti arus digitalisasi, dan menjadi lokomotif dari revolusi teknologi menuju transformasi digital di Indonesia.

Asian Technology Excellence Awards dipersembahkan oleh Asian Business Review. Untuk melihat daftar pemenang selengkapnya, klik di sini. Jika Anda ingin bergabung dengan program penghargaan di tahun 2023 dan untuk mendapatkan pengakuan atas inisiatif luar biasa perusahaan Anda, silakan hubungi Jane Patiag di [email protected].

Follow the link for more news on

Rumah Sakit Kanker Dharmais memimpin inovasi pelayanan kanker di Indonesia

Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Werdi Nindito Daroekoesoemo mengungkapkan teknologi canggih dan tujuh program unggulan untuk perawatan kanker.

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.

Aplikasi blu oleh Group BCA memperluas ekosistem digital melalui BaaS

Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan transaksi dan membangun kepercayaan nasabah sebesar 53,4% sepanjang 2023.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.

Bank Tabungan Negara (BTN) bertekad meningkatkan pinjaman kepemilikan rumah syariah

Hingga November 2023, aset BTN Syariah telah mencapai Rp49 triliun.

IDCTA: Partisipasi global dapat meningkatkan penjualan kredit karbon Indonesia

Pasar karbon Indonesia yang baru dibuka memiliki sebanyak 71,95% kredit karbon yang belum terjual pada akhir 2023.