Berkat IseeAR Technology, WIR Group meraih penghargaan di Asian Technology Excellence Awards 2022 | Asian Business Review
, Indonesia
619 views

Berkat IseeAR Technology, WIR Group meraih penghargaan di Asian Technology Excellence Awards 2022

WIR Group sekali lagi membuktikan keahliannya dalam menyediakan produk dan solusi teknologi digital yang inovatif dan efektif dengan teknologi IseeAR.

PT WIR ASIA Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara yang memegang 5 (lima) paten global untuk AR yang terdaftar di Patent Cooperation Treaty ( PCT), menerima Indonesia Technology Excellence Award for Augmented Reality and Virtual Reality – Technology di Asian Technology Excellence Awards 2022 yang baru-baru ini diadakan untuk inovasi teknologi tampilan 3Dnya, IseeAR.

Asian Technology Excellence Awards adalah salah satu acara paling bergengsi di kawasan Asia Pasifik. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap perusahaan-perusahaan luar biasa yang berhasil melalui gelombang disrupsi digital dan memimpin revolusi teknologi serta perjalanan transformasi digital di masing-masing industri.

“Ini sebagai tanda pengakuan kepada WIR Group sebagai pionir inovasi teknologi di industri ini , serta kemampuan dan keahlian dalam memberikan solusi melalui pengembangan teknologi yang inovatif dan efektif,” kata Michael Budi, CEO WIR Group.

Menurutnya, IseeAR merupakan hasil karya AR&Co, unit WIR Group yang menyediakan solusi teknologi berbasis Augmented Reality yang bisa mengubah grafik dua dimensi (2D) menjadi objek visual 3D dalam sesi video conference, untuk menciptakan sebuah interaksi virtual yang unik dan realistis.

“Saat pandemi COVID-19 melanda dunia di awal 2020, kami mengembangkan IseeAR sebagai solusi mengatasi pembatasan fisik. Ternyata, IseeAR mampu menghadirkan pengalaman virtual yang realistis, impresif, dan imersif  dan dapat membantu banyak aktivitas yang membutuhkan visual yang kuat, seperti penjualan, edukasi, dan berbagai presentasi tatap muka yang terhambat selama pandemi, ” kata Michael menjelaskan.

Teknologi ini juga sangat mudah digunakan karena hanya membutuhkan webcam tambahan yang banyak tersedia di pasaran, atau webcam built-in di desktop atau laptop. “Dengan perangkat pendukung yang sederhana, IseeAR sudah siap digunakan di platform konferensi video seperti Zoom atau Google Meet. Hal ini menjadikan IseeAR sebagai teknologi yang mudah digunakan dan nyaman, bahkan untuk pengguna biasa,” kata Michael.

“Kegunaan IseeAR juga telah dibuktikan oleh Cakap, sebuah startup pengembang aplikasi teknologi pendidikan asal Indonesia yang fokus pada sistem pendidikan online dua arah,” kata Michael menambahkan. Melalui kerjasama dengan WIR Group, Cakap mengimplementasikan IseeAR untuk program pembelajaran bahasa Mandarin online yaitu Mandarin For Kids.

Implementasinya secara khusus ditujukan untuk anak-anak, di mana teknologi tersebut digunakan untuk menyajikan objek virtual 3D yang realistis untuk membantu siswa lebih memahami pelajaran. Teknologi IseeAR membuat pelajaran menjadi efektif dan menarik, dua kualitas penting dalam mengajar anak-anak.

Teknologi IseeAR yang inovatif dan canggih semakin mengukuhkan kemampuan dan keahlian WIR Group dalam mengembangkan teknologi inovatif dan efektif yang telah diakui di seluruh dunia melalui sejumlah penghargaan dan penghargaan internasional. WIR Group telah terlibat dan berkontribusi pada ribuan proyek di lebih dari 20 negara. Dalam menciptakan inovasi, WIR Group berupaya memastikan integrasi O2O (online to offline) untuk menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan.

Tentang PT WIR Asia Tbk

WIR Group adalah salah satu pionir dalam industri teknologi Augmented Reality (AR) Asia Tenggara yang telah mengembangkan solusi untuk banyak perusahaan asing dengan menggabungkan teknologi imersif seperti Virtual Reality (VR) & Artificial Intelligence (AI) dan memegang 5 (lima) global paten untuk AR yang terdaftar di Patent Cooperation Treaty (PCT). Salah satu inovasinya yang bertajuk Metaverse, WIR Group menghadirkan pengalaman dunia metaverse dengan mengedepankan unsur kearifan lokal dalam budaya Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi perangkat lunak metaverse dari Indonesia, WIR Group berencana memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia pada November 2022. WIR Group memiliki visi untuk menciptakan dunia yang dapat ditinggali di metaverse untuk semua orang menuju era Web 3.0.

Sejak 2009, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani klien di lebih dari 20 negara, termasuk AS, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Myanmar. WIR Group telah menerima banyak pengakuan dan penghargaan internasional, seperti Excellent Communications Design Apps di 2020 German Design Award, AR Best Campaign di Augmented World Expo’s 7th Annual Auggie Awards di 2015 dan 2016 di Silicon Valley, Innovation 40 dari The New Economy London di London Stock Exchange, dan Metaverse Tech Companies to Watch di 2022, menurut Forbes.

WIR Group telah menyelesaikan berbagai proyek di bidang education, publishing, dan  gaming. Pada 2015, WIR Group memperluas cakupannya untuk menawarkan layanan media/periklanan melalui unit teknologinya, DAV, dan layanan perdagangan ritel melalui MindStore. Pada 2019, perusahaan membentuk unit teknologi Minar melalui PT Mata Nilai Republik untuk mengembangkan game berbasis AR geolocation. Pada 4 April 2022, PT WIR Asia Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan simbol ticker WIRG.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Kurniati

Head of Communication

PT WIR Asia Tbk

Telepon : (021) 5367 8064

Faks : (021) 5367 4611

Email : [email protected] atau [email protected]

Website : www.wir.group

Asian Technology Excellence Awards dipersembahkan oleh Asian Business Review. Untuk melihat daftar pemenang selengkapnya, klik di sini. Jika Anda ingin bergabung dengan program penghargaan di tahun 2023 dan mendapatkan pengakuan atas inisiatif luar biasa perusahaan Anda, silakan hubungi Jane Patiag di [email protected].

Follow the link for more news on

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.

Bank Tabungan Negara (BTN) bertekad meningkatkan pinjaman kepemilikan rumah syariah

Hingga November 2023, aset BTN Syariah telah mencapai Rp49 triliun.

IDCTA: Partisipasi global dapat meningkatkan penjualan kredit karbon Indonesia

Pasar karbon Indonesia yang baru dibuka memiliki sebanyak 71,95% kredit karbon yang belum terjual pada akhir 2023.

MST Golf mengubah lanskap ritel golf di Indonesia

Eksekutif ERAL percaya bahwa kemitraan ini akan mendorong gaya hidup bermain golf di seluruh Asia.

Bagaimana Asia Tenggara dapat mencapai potensi biogasnya

Kawasan ini hanya memiliki sekitar satu gigawatt kapasitas dengan Thailand, Indonesia, dan Malaysia memimpin dalam hal produksi.

Filipina siap untuk transisi energi, tetapi targetnya bisa lebih tinggi

Energi terbarukan negara tersebut menyumbang sebanyak 22% dari bauran energi hingga 2022.

GrandLucky Superstore memanfaatkan customer insight dalam mengkurasi produknya 

Superstore ini kini beroperasi di tujuh lokasi di seluruh Indonesia.

PLN Indonesia Power memimpin langkah dalam efisiensi pembangkitan listrik generasi berikutnya

Setiap tahun, efisiensi energi primer yang dicapai oleh PLN IP setara dengan Rp52,5 miliar (US$3,36 juta).