Berkat IseeAR Technology, WIR Group meraih penghargaan di Asian Technology Excellence Awards 2022 | Asian Business Review
, Indonesia
627 views

Berkat IseeAR Technology, WIR Group meraih penghargaan di Asian Technology Excellence Awards 2022

WIR Group sekali lagi membuktikan keahliannya dalam menyediakan produk dan solusi teknologi digital yang inovatif dan efektif dengan teknologi IseeAR.

PT WIR ASIA Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara yang memegang 5 (lima) paten global untuk AR yang terdaftar di Patent Cooperation Treaty ( PCT), menerima Indonesia Technology Excellence Award for Augmented Reality and Virtual Reality – Technology di Asian Technology Excellence Awards 2022 yang baru-baru ini diadakan untuk inovasi teknologi tampilan 3Dnya, IseeAR.

Asian Technology Excellence Awards adalah salah satu acara paling bergengsi di kawasan Asia Pasifik. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap perusahaan-perusahaan luar biasa yang berhasil melalui gelombang disrupsi digital dan memimpin revolusi teknologi serta perjalanan transformasi digital di masing-masing industri.

“Ini sebagai tanda pengakuan kepada WIR Group sebagai pionir inovasi teknologi di industri ini , serta kemampuan dan keahlian dalam memberikan solusi melalui pengembangan teknologi yang inovatif dan efektif,” kata Michael Budi, CEO WIR Group.

Menurutnya, IseeAR merupakan hasil karya AR&Co, unit WIR Group yang menyediakan solusi teknologi berbasis Augmented Reality yang bisa mengubah grafik dua dimensi (2D) menjadi objek visual 3D dalam sesi video conference, untuk menciptakan sebuah interaksi virtual yang unik dan realistis.

“Saat pandemi COVID-19 melanda dunia di awal 2020, kami mengembangkan IseeAR sebagai solusi mengatasi pembatasan fisik. Ternyata, IseeAR mampu menghadirkan pengalaman virtual yang realistis, impresif, dan imersif  dan dapat membantu banyak aktivitas yang membutuhkan visual yang kuat, seperti penjualan, edukasi, dan berbagai presentasi tatap muka yang terhambat selama pandemi, ” kata Michael menjelaskan.

Teknologi ini juga sangat mudah digunakan karena hanya membutuhkan webcam tambahan yang banyak tersedia di pasaran, atau webcam built-in di desktop atau laptop. “Dengan perangkat pendukung yang sederhana, IseeAR sudah siap digunakan di platform konferensi video seperti Zoom atau Google Meet. Hal ini menjadikan IseeAR sebagai teknologi yang mudah digunakan dan nyaman, bahkan untuk pengguna biasa,” kata Michael.

“Kegunaan IseeAR juga telah dibuktikan oleh Cakap, sebuah startup pengembang aplikasi teknologi pendidikan asal Indonesia yang fokus pada sistem pendidikan online dua arah,” kata Michael menambahkan. Melalui kerjasama dengan WIR Group, Cakap mengimplementasikan IseeAR untuk program pembelajaran bahasa Mandarin online yaitu Mandarin For Kids.

Implementasinya secara khusus ditujukan untuk anak-anak, di mana teknologi tersebut digunakan untuk menyajikan objek virtual 3D yang realistis untuk membantu siswa lebih memahami pelajaran. Teknologi IseeAR membuat pelajaran menjadi efektif dan menarik, dua kualitas penting dalam mengajar anak-anak.

Teknologi IseeAR yang inovatif dan canggih semakin mengukuhkan kemampuan dan keahlian WIR Group dalam mengembangkan teknologi inovatif dan efektif yang telah diakui di seluruh dunia melalui sejumlah penghargaan dan penghargaan internasional. WIR Group telah terlibat dan berkontribusi pada ribuan proyek di lebih dari 20 negara. Dalam menciptakan inovasi, WIR Group berupaya memastikan integrasi O2O (online to offline) untuk menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan.

Tentang PT WIR Asia Tbk

WIR Group adalah salah satu pionir dalam industri teknologi Augmented Reality (AR) Asia Tenggara yang telah mengembangkan solusi untuk banyak perusahaan asing dengan menggabungkan teknologi imersif seperti Virtual Reality (VR) & Artificial Intelligence (AI) dan memegang 5 (lima) global paten untuk AR yang terdaftar di Patent Cooperation Treaty (PCT). Salah satu inovasinya yang bertajuk Metaverse, WIR Group menghadirkan pengalaman dunia metaverse dengan mengedepankan unsur kearifan lokal dalam budaya Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi perangkat lunak metaverse dari Indonesia, WIR Group berencana memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia pada November 2022. WIR Group memiliki visi untuk menciptakan dunia yang dapat ditinggali di metaverse untuk semua orang menuju era Web 3.0.

Sejak 2009, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani klien di lebih dari 20 negara, termasuk AS, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Myanmar. WIR Group telah menerima banyak pengakuan dan penghargaan internasional, seperti Excellent Communications Design Apps di 2020 German Design Award, AR Best Campaign di Augmented World Expo’s 7th Annual Auggie Awards di 2015 dan 2016 di Silicon Valley, Innovation 40 dari The New Economy London di London Stock Exchange, dan Metaverse Tech Companies to Watch di 2022, menurut Forbes.

WIR Group telah menyelesaikan berbagai proyek di bidang education, publishing, dan  gaming. Pada 2015, WIR Group memperluas cakupannya untuk menawarkan layanan media/periklanan melalui unit teknologinya, DAV, dan layanan perdagangan ritel melalui MindStore. Pada 2019, perusahaan membentuk unit teknologi Minar melalui PT Mata Nilai Republik untuk mengembangkan game berbasis AR geolocation. Pada 4 April 2022, PT WIR Asia Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan simbol ticker WIRG.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Kurniati

Head of Communication

PT WIR Asia Tbk

Telepon : (021) 5367 8064

Faks : (021) 5367 4611

Email : [email protected] atau [email protected]

Website : www.wir.group

Asian Technology Excellence Awards dipersembahkan oleh Asian Business Review. Untuk melihat daftar pemenang selengkapnya, klik di sini. Jika Anda ingin bergabung dengan program penghargaan di tahun 2023 dan mendapatkan pengakuan atas inisiatif luar biasa perusahaan Anda, silakan hubungi Jane Patiag di [email protected].

Follow the link for more news on

CEO mengungkapkan bagaimana perusahaan-perusahaan Indonesia dapat fokus pada pertumbuhan di tengah regulasi baru

Sementara pasar menuju pertumbuhan, regulasi baru mempersempit keberadaan perusahaan asuransi.

Bagaimana Grandtag memberikan keamanan bagi orang terkaya di Asia

CEO regional Grandtag Financial mengungkap bagaimana 'asuransi jiwa jumbo' menarik UHNWI di Asia.

Asuransi Cina menganggap bijaksana untuk beralih ke investasi alternatif

Analisis melihat regulasi baru mendorong pergeseran konservatif saat asuransi mencari stabilitas di tengah pasar yang bergejolak.

Rumah Sakit Kanker Dharmais memimpin inovasi pelayanan kanker di Indonesia

Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Werdi Nindito Daroekoesoemo mengungkapkan teknologi canggih dan tujuh program unggulan untuk perawatan kanker.

Apakah ‘Londonisasi’ baik untuk pasar asuransi M&A Asia?

Para ahli industri membedah tingkat penggunaan yang rendah di wilayah ini untuk asuransi M&A meskipun semakin banyak pemain industri yang masuk ke arena ini.

Tekanan meningkat pada penempatan asuransi energi yang kurang diinginkan

Para ahli industri melihat investasi luar negeri sebagai yang paling menarik, namun lebih mahal.

Asuransi Syariah AXA Mandiri mendorong saling bantu di antara para peserta

Risiko dibagi dan ditanggung secara kolektif oleh semua peserta (Takaful) untuk saling membantu satu sama lain.

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Bagaimana perempuan di posisi kekuasaan adalah kunci kesuksesan bisnis

Para ahli membagikan pemikiran mereka tentang bagaimana perempuan dalam dunia bisnis dapat menjadi penggerak pertumbuhan utama.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.