Bagaimana HomePay memerangi penipuan renovasi di Singapura | Asian Business Review
, Singapore
394 views
David Ng, CEO, HomePay.

Bagaimana HomePay memerangi penipuan renovasi di Singapura

Uang ditempatkan dalam rekening escrow dan disalurkan saat pencapaian tahap-tahap tertentu.

Pada Oktober 2023, Kepolisian Singapura menangkap seorang pria karena diduga telah menipu total $198.000 dalam serangkaian penipuan renovasi. Ini merupakan salah satu contoh dari ribuan keluhan terkait renovasi yang dilaporkan di Singapura. Dari 2021 hingga awal 2023, lebih dari 3.300 keluhan tercatat, menurut data dari Asosiasi Konsumen Singapura; dan antara 2021 hingga 2022, lebih dari $1,16 juta dalam kerugian pembayaran di muka disebabkan penutupan bisnis yang tiba-tiba.

Kasus-kasus ini mengilhami David Ng, yang merupakan chairman sebuah perusahaan solusi teknologi  untuk meluncurkan HomePay, sebuah aplikasi lokal yang dirancang untuk memperbarui praktik pembayaran baik bagi desainer interior maupun klien.

"HomePay dibuat untuk memecahkan masalah yang sangat sederhana. Dan masalah itu adalah bahwa banyak kasus dilaporkan baik perusahaan desain interior melarikan diri dengan uang yang ditempatkan sebagai deposit oleh pemilik rumah ketika mereka menyetujui kontrak renovasi; atau ketika pekerjaan dilakukan dengan tingkat kualitas pekerjaan yang kurang memuaskan, meninggalkan pemilik rumah tidak puas dan enggan membayar," kata Ng kepada Asian Banking & Finance dalam sebuah wawancara.

Ng mencatat bahwa ada kurangnya regulasi di industri tersebut, atau kurangnya ukuran yang dapat mengukur dengan tepat apa yang seharusnya menjadi standar kualitas pekerjaan atau kualitas material.

"Kami berharap dapat membantu mengurangi risiko dalam industri tersebut dan mencoba untuk memecahkan masalah tersebut dari kedua sisi pemilik rumah dan sisi desainer interior," tambah Ng.

HomePay, yang sistem dompet keuangannya disetujui oleh Otoritas Moneter Singapura berfungsi sebagai platform untuk menghubungkan pemilik rumah dengan desainer interior. Sebelum mengontrak firma desainer interior ke platformnya, proses penyaringan dilakukan melalui proses "Know Your Business" untuk memastikan bahwa perusahaan atau direktur-direkturnya tidak memiliki catatan buruk.

"Kedua belah pihak harus disaring tepat sebelum mereka dapat menggunakan platform," kata Ng.

Data transaksi antara perusahaan dan individu akan disimpan dalam administrasi back-end HomePay, yang akan memungkinkan mereka melihat jadwal kapan kontrak telah diunggah dan apakah jadwal tersebut telah berlalu, setiap pencapaian tahap terpenuhi, dan setiap pembayaran disalurkan.

"Apa yang telah kami bangun di HomePay adalah sistem di mana mereka sebenarnya dapat mendokumentasikan seluruh perjalanan renovasi. Mulai dari kontrak-- yang disepakati, apa saja ruang lingkup pekerjaannya, penawaran harga, kemajuan pekerjaan, gambaran atau dokumentasi pekerjaan yang selesai untuk setiap tahap-- dan mereka sebenarnya dapat memeriksanya, karena semua telah didokumentasikan dengan baik sebelum dolar pertama diberikan kepada kontraktor. Jadi, kedua belah pihak memiliki ketenangan pikiran," kata Ng.

Pembayaran diunggah ke rekening escrow dengan DBS, dengan HomePay menyalurkan pembayaran secara otomatis begitu mencapai beberapa tahap tertentu dalam kontrak yang ditulis dan diunggah.

Saat ini, aplikasi yang diluncurkan pada Desember 2023 telahdidanai secara pribadi, dan saat ini tidak memiliki niat untuk melakukan putaran pendanaan.

Saat ini, HomePay fokus pada peningkatan operasional. Ng berbagi bahwa aplikasi baru-baru ini bermitra dengan produsen peralatan yang memiliki ratusan desainer interior yang bekerja dengan mereka, dan HomePay sedang dalam proses pelatihan dan onboarding semua desainer interior ini ke dalam platformnya.

Pengembangan lebih lanjut yang sedang dilakukan termasuk pelacak garansi; pelacak faktur; papan suasana hati untuk pengguna mengatur gaya renovasi yang berbeda yang mungkin ingin mereka jelajahi; dan direktori untuk memfasilitasi pemilik rumah dalam menemukan perusahaan desainer interior yang kredibel.

"Kami juga berencana untuk menambahkan sistem penilaian di mana orang-orang yang telah menyelesaikan proyek di platform kami dapat melihat desainer interior  atau membaca kontraktor untuk seberapa baik pekerjaan mereka, kualitas kerajinan mereka, atau seberapa menyenangkan proses tersebut [bekerja dengan kontraktor]," kata Ng.

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.

Aplikasi blu oleh Group BCA memperluas ekosistem digital melalui BaaS

Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan transaksi dan membangun kepercayaan nasabah sebesar 53,4% sepanjang 2023.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.

Bank Tabungan Negara (BTN) bertekad meningkatkan pinjaman kepemilikan rumah syariah

Hingga November 2023, aset BTN Syariah telah mencapai Rp49 triliun.

IDCTA: Partisipasi global dapat meningkatkan penjualan kredit karbon Indonesia

Pasar karbon Indonesia yang baru dibuka memiliki sebanyak 71,95% kredit karbon yang belum terjual pada akhir 2023.

MST Golf mengubah lanskap ritel golf di Indonesia

Eksekutif ERAL percaya bahwa kemitraan ini akan mendorong gaya hidup bermain golf di seluruh Asia.