PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) meraih penghargaan Engineering Excellence dalam Akses Air Pertanian | Asian Business Review
, Indonesia
148 views

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) meraih penghargaan Engineering Excellence dalam Akses Air Pertanian

Perusahaan menciptakan solusi untuk mengatasi tantangan pasokan air mendesak di sebuah desa di Jawa Timur.

Terikat dengan sungai-sungai kecil seringkali tidak mampu memenuhi kebutuhan pertanian, Desa Pleret di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur sering menghadapi masalah kekurangan air yang signifikan, yang terutama berdampak pada perekonomiannya.

Letak geografis, dengan sawah yang berada lebih tinggi dari permukaan air menyebabkan hasil panen kurang optimal terutama pada musim kemarau. Keadaan ini memaksa penduduk beralih menanam jagung, sehingga pendapatannya lebih rendah dibandingkan padi. Selain itu, kurangnya sumber air bersih berdampak pada kualitas hidup, sehingga memaksa warga mengeluarkan uang untuk membeli air minum.

Untuk mengatasi tantangan pasokan air yang dihadapi masyarakat, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) turun tangan dengan membantu pengeboran sumur. Tujuannya untuk memastikan pasokan air  yang cukup untuk mengairi sawah dan menyediakan air bersih bagi warga Desa Pleret.

Pada Juni 2022, upaya mereka membuahkan hasil karena sumur bor yang berhasil dibangun mulai menyediakan air dalam jumlah melimpah, mampu mengairi 21 hektar sawah. Inisiatif ini memungkinkan penanaman padi pada musim hujan dan kemarau, sehingga meningkatkan produktivitas pertanian secara signifikan.

Penduduk tidak lagi harus membeli air bersih, yang sebelumnya dihargai Rp5.000 ($0,32c) per galon, yang secara besar-besaran meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka. Ketersediaan air bersih gratis berdampak positif terhadap kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Pasokan air yang melimpah dari sumur bor juga menjadi katalis bagi Kelompok Kesaadaran Wisata Bendungan Pleret (Pokdarwis) untuk membayangkan dan mengembangkan kawasan ekowisata terpadu dengan pendekatan konservasi alam dan budaya. Inisiatif ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sehingga memberikan manfaat kesejahteraan sosial bagi penduduk Desa Pleret.

Pasokan air dari sumur bor secara strategis dialirkan ke kolam ikan lele, sehingga menumbuhkan sistem budidaya ikan yang berkelanjutan. Pendapatan yang dihasilkan dari budidaya ikan lele kemudian dialokasikan ke berbagai sektor, baik untuk mendorong kegiatan sosial maupun pembangunan masyarakat secara keseluruhan.

Karena intervensi transformatif dan pendekatan inovatif PT Sarana Multi Infrastruktur diakui dalam Asian Water Awards. Inisiatif ini berhasil meraih penghargaan Engineering Excellence of the Year - Indonesia serta Outstanding Water Treatment Plant Design Award- Indonesia. Penghargaan-penghargaan ini menyoroti dampak luar biasa dari inisiatif PT Sarana Multi Infrastruktur, menempatkannya sebagai perintis dalam solusi teknik dan pengolahan air.

Intervensi PT Sarana Multi Infrastruktur, terutama dalam memungkinkan solusi air yang berkelanjutan di Desa Pleret, menjadi titik harapan bagi komunitas yang menghadapi masalah kekurangan air. Upaya mereka tidak hanya mengatasi tantangan-tantangan yang mendesak, tetapi juga memupuk pendekatan inovatif yang meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan komunitas secara keseluruhan.

The Asian Water Awards is presented by Asian Power Magazine. To view the full list of winners, click here. If you want to join the 2024 awards programme and be acclaimed for your company's revolutionary innovations and initiatives in the water industry in Asia, please contact Danica Avila at [email protected].

Follow the link for more news on

Rumah Sakit Kanker Dharmais memimpin inovasi pelayanan kanker di Indonesia

Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Werdi Nindito Daroekoesoemo mengungkapkan teknologi canggih dan tujuh program unggulan untuk perawatan kanker.

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.

Aplikasi blu oleh Group BCA memperluas ekosistem digital melalui BaaS

Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan transaksi dan membangun kepercayaan nasabah sebesar 53,4% sepanjang 2023.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.

Bank Tabungan Negara (BTN) bertekad meningkatkan pinjaman kepemilikan rumah syariah

Hingga November 2023, aset BTN Syariah telah mencapai Rp49 triliun.

IDCTA: Partisipasi global dapat meningkatkan penjualan kredit karbon Indonesia

Pasar karbon Indonesia yang baru dibuka memiliki sebanyak 71,95% kredit karbon yang belum terjual pada akhir 2023.