Tencent Cloud meraih tiga penghargaan utama di Asian Technology Excellence Awards 2022 | Asian Business Review
, Southeast Asia
485 views

Tencent Cloud meraih tiga penghargaan utama di Asian Technology Excellence Awards 2022

Penghargaan diberikan kepada Tencent Cloud atas upayanya dalam memberdayakan organisasi-organisasi besar di Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Penyedia layanan cloud terkemuka Tencent Cloud memenangkan tiga penghargaan utama di Asian Technology Excellence Awards 2022 yang baru-baru ini diadakan sebagai pengakuan atas layanan cloud dan infrastruktur teknologi terbaik. Sebagai penghargaan bergengsi di kawasan Asia, Asian Technology Excellence Awards didedikasikan untuk beragam project teknologi dan inovasi luar biasa yang dilangsungkan oleh perusahaan-perusahaan di masing-masing industri..

Penghargaan kali ini salah satunya menyoroti kontribusi Tencent Cloud dalam membantu merampingkan operasional organisasi-organisasi di Asia Tenggara, dengan menjadi penyedia layanan cloud terkemuka yang memenangkan penghargaan Indonesia  Technology Excellence Award for Infrastructure Technology - Financial Services; the Thailand Technology Excellence Award for Cloud - Media & Entertainment; and the Phillippines Technology Excellence Award for Cloud - Financial Services.

Krittee Manoleehagul, Vice President Tencent Cloud International untuk Asia Tenggara, mengatakan, “Tencent Cloud merasa terhormat telah menerima tiga penghargaan di Asian Technology Excellence Awards 2022. Penghargaan ini membuktikan layanan cloud Tencent Cloud yang berkinerja dan berkualitas tinggi, serta sangat andal. Hal tersebut ditunjukkan dalam pekerjaan kami bersama perusahaan seperti Ookbee dan Bank Neo Commerce. Kami berharap dapat membantu lebih banyak bisnis dan organisasi di Asia Tenggara dan di seluruh dunia, dengan menyediakan platform yang aman dan stabil untuk membantu  perjalanan digital mereka.”

Best-in-Class Banking bersama Bank Neo Commerce, melalui Tencent Cloud

Tencent Cloud telah bekerja sama dengan Bank Neo Commerce (BNC) di Indonesia untuk mencapai tujuannya memasuki era baru dalam mengoptimalkan layanan digital, memberikan kemudahan dan kenyamanan maksimal bagi nasabah. Dengan bantuan kolaborasi ini, BNC telah melihat pertumbuhan pengguna yang eksplosif dan juga menjadi bagian penting dari peningkatan layanan keuangan digital.

Untuk mengatasi tantangan seperti massive data, transaksi dengan frekuensi tinggi, dan arsitektur data yang tidak memadai, BNC meminta bantuan Tencent Cloud TDSQL, dengan solusi database yang terdistribusi secara komprehensif.

TDSQL adalah infrastruktur keuangan bersertifikasi yang menampilkan konsistensi kuat, ketersediaan dan kinerja tinggi, global deployment architecture, distributed horizontal scaling, dan enterprise-grade security. Basis data ini juga berfungsi sebagai fondasi penting untuk layanan dan penawaran digital BNC, tanpa kekhawatiran yang ditimbulkan oleh basis data komersial yang mahal.

Selain itu, TDSQL memastikan peningkatan kualitas BNC dalam keandalan, keamanan, dan pengalaman profesional. Hal ini mendukung kelengkapan fitur untuk pencadangan data, pemulihan, dan fitur upgrade cepat. Konsistensi, ketersediaan, dan kinerja TDSQL telah memberikan dukungan kuat untuk pertumbuhan eksplosif bisnis BNC pada 2021 yang berhasil mengakuisisi 20 juta pengguna dan 35 juta akun dalam setahun.

Ookbee dan Tencent Cloud Menyatukan Orang melalui Hiburan

Di bidang media dan hiburan, Tencent Cloud juga telah menyediakan platform teknologi untuk startup Ookbee, sebuah perusahaan yang di Thailand yang menawarkan aplikasi mulai dari novel online dan streaming musik hingga video-on-demand, yang melayani generasi muda di seluruh Asia Tenggara. Okbee telah berkembang dengan lebih dari 10 juta pengguna dalam satu tahun terakhir.

Untuk melayani jumlah penggunanya yang terus bertambah, Ookbee menggunakan platform Tencent Cloud untuk mencapai tiga tujuannya: yaitu memiliki platform teknologi yang telah terbukti untuk mendukung interaktivitas komunitas yang inovatif; memiliki alat komunikasi inovatif untuk terlibat dengan pengguna, dan memiliki platform cloud yang stabil dan dapat diskalakan untuk mempertahankan pengalaman pengguna dengan sangat baik.

Tencent Cloud telah menyediakan berbagai layanan cloud untuk Ookbee, termasuk TencentDB untuk MongoDB, Cloud Virtual Machine, Cloud Object Storage, Content Delivery Network, Game Multimedia Engine, Tencent Real-Time Communications, Video-on-Demand, Layanan Cloud Streaming dan banyak lagi. Tencent Cloud juga menawarkan banyak SDK di mana Ookbee dapat mengintegrasikan dan bahkan membuat aplikasi mereka lebih maju.

Dengan bantuan Tencent Cloud, Ookbee berhasil memperkuat platformnya dan memantapkan posisinya sebagai platform untuk sekelompok orang dengan minat yang sama di seluruh kawasan.

Layanan Pembayaran E-Wallet yang Andal dan Terjamin Keamanannya melalui Tencent Cloud

Tencent Cloud telah memberikan dukungan kepada perusahaan pembayaran digital terkemuka di Filipina untuk mempercepat proses otentikasi dan meningkatkan operasi bisnisnya. Tencent Cloud melibatkan beberapa tim produk dan mitra industri untuk memastikan keberhasilan proyek, sambil melangkah lebih jauh dengan meningkatkan akurasi verifikasi identitas e-wallet, menambahkan solusi yang didukung web, dan menawarkan mode pengisian daya khusus untuk membantu perusahaan selangkah lebih maju dari pesaing mereka. Dengan bantuan Tencent Cloud, perusahaan itu mampu memperkuat keamanan dan stabilitas platformnya.

Tencent Cloud di Asia Tenggara menekankan fokus pada industri seperti hiburan, perbankan dan lembaga keuangan, ritel, e-commerce, game, dan pendidikan. Untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan di seluruh industri tersebut, perusahaan telah menerapkan lebih dari 400 solusi dan produk cloud terdepan. Selain itu, perusahaan juga memiliki jaringan infrastruktur yang luas dan berkembang dengan 70 availability zone di 26 wilayah. Di Asia Tenggara saja, ada empat pusat data di Singapura, dua di Indonesia, dan dua lainnya di Thailand untuk menjawab permintaan pelanggan yang terus meningkat.

Asian Technology Excellence Awards 2022 bertujuan mengakui kinerja luar biasa perusahaan ditengah gelombang disrupsi digital dan mampu memimpin revolusi teknologi serta perjalanan transformasi digital di masing-masing industri.

Asian Technology Excellence Awards dipersembahkan oleh Asian Business Review. Untuk melihat daftar pemenang selengkapnya, klik di sini. Jika Anda ingin bergabung dengan program penghargaan di tahun 2023, silakan hubungi Jane Patiag di [email protected].

Follow the link for more news on

Rumah Sakit Kanker Dharmais memimpin inovasi pelayanan kanker di Indonesia

Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Werdi Nindito Daroekoesoemo mengungkapkan teknologi canggih dan tujuh program unggulan untuk perawatan kanker.

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.

Aplikasi blu oleh Group BCA memperluas ekosistem digital melalui BaaS

Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan transaksi dan membangun kepercayaan nasabah sebesar 53,4% sepanjang 2023.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.

Bank Tabungan Negara (BTN) bertekad meningkatkan pinjaman kepemilikan rumah syariah

Hingga November 2023, aset BTN Syariah telah mencapai Rp49 triliun.

IDCTA: Partisipasi global dapat meningkatkan penjualan kredit karbon Indonesia

Pasar karbon Indonesia yang baru dibuka memiliki sebanyak 71,95% kredit karbon yang belum terjual pada akhir 2023.