Mengutamakan kapabilitas UMKM di tengah krisis | Asian Business Review
, Indonesia
1230 views

Mengutamakan kapabilitas UMKM di tengah krisis

PARI (Pasar Rakyat Indonesia) oleh Bank Rakyat Indonesia bertujuan memberikan solusi holistik bagi para pelaku komoditas melalui aplikasi digital sidekick yang memberikan kemudahan bertransaksi dan pendampingan bisnis.

Di Indonesia, UMKM berkontribusi lebih dari 60% PDB Indonesia dan menyerap lebih dari 97% tenaga kerja. Segmen ini telah terbukti cukup kuat untuk melindungi Indonesia dari berbagai krisis ekonomi global.

Namun, pandemi berdampak buruk pada segmen ini, yang mengakibatkan penurunan penjualan hingga 75%. Hal tersebut kemudian berujung pada pemberhentian karyawan, bahkan ada yang terpaksa tutup, baik untuk sementara maupun permanen.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) percaya bahwa memberdayakan UMKM berarti menjaga keberlanjutan ekonomi negara. Sebagai lembaga keuangan mikro terbesar, BRI berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan posisinya sebagai pemimpin perbankan keuangan mikro melalui upaya pemberdayaan dan digitalisasi. Salah satunya dengan menciptakan ekosistem hyperlocal: memastikan BRI berada di setiap langkah proses bisnis untuk komoditas lokal Indonesia.

Sebagian besar ekosistem komoditas nasional memiliki masalah dengan likuiditas arus kas karena pembayaran yang tertunda dan proses bisnis yang tidak efisien, serta catatan transaksi manual yang membuatnya rentan terhadap kesalahan pencatatan dan rekonsiliasi yang tidak seimbang. Selain itu, generasi muda mulai mengambil alih kepemimpinan dalam bisnis komoditas dari generasi yang lebih tua, sehingga meningkatkan kebutuhan akan solusi digital untuk membantu meningkatkan bisnis mereka.

Hal ini menyebabkan terciptanya Pasar Rakyat Indonesia (PARI). PARI adalah platform terintegrasi yang menawarkan solusi end-to-end untuk bisnis komoditas. PARI dibuat melalui eksplorasi kerangka kerja blockchain untuk ekosistem berbasis solusi.

Dalam MVP-nya, PARI menawarkan fitur trading, digital ledger, pembayaran, dan bahkan paylater. PARI menghadirkan solusi untuk memecahkan masalah sebagian besar komoditas terbesar di Indonesia, yaitu  telur, jagung, biji kopi, bawang merah, ikan, dan susu sapi.

Melalui PARI, BRI juga mengetahui setiap kendala atau kesenjangan komoditas, dan mengembangkan solusi di sekitarnya. Antara lain, PARI telah menyediakan sistem lelang perikanan berbasis digital, serta sistem pergudangan mikro dengan memanfaatkan Controlled Atmosphere Storage (CAS) yang menjaga kualitas produk saat oversupply dan menjaga harga tetap stabil sepanjang tahun.

PARI diharapkan dapat menjadi game changer dalam ekosistem komoditas Indonesia dan diharapkan dapat mewujudkan swasembada pangan di masa depan bagi Indonesia sebagai negara agro-maritim. Oleh karena itu PARI semakin memperkuat posisi BRI dalam memperjuangkan UMKM dan inklusi keuangan Indonesia.

Asian Technology Awards mengapresiasi komitmen BRI untuk memberdayakan UMKM melalui solusi ini. Oleh karena itu  BRI dianugerahi Indonesia Technology Excellence Award untuk E-Commerce - Banking dalam program penghargaan yang baru saja diadakan.

Acara bergengsi ini bertujuan untuk menemukan perusahaan yang terbaik dalam menghadapi gelombang disrupsi digital dan memimpin revolusi teknologi serta perjalanan transformasi digital di masing-masing industri.

Asian Technology Excellence Awards dipersembahkan oleh Asian Business Review. Untuk melihat daftar pemenang selengkapnya, klik di sini. Jika Anda ingin bergabung dengan program penghargaan di tahun 2023 dan mendapatkan pengakuan atas kinerja luar biasa perusahaan Anda, silakan hubungi Jane Patiag di [email protected].

Follow the link for more news on

Rumah Sakit Kanker Dharmais memimpin inovasi pelayanan kanker di Indonesia

Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Werdi Nindito Daroekoesoemo mengungkapkan teknologi canggih dan tujuh program unggulan untuk perawatan kanker.

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.

Aplikasi blu oleh Group BCA memperluas ekosistem digital melalui BaaS

Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan transaksi dan membangun kepercayaan nasabah sebesar 53,4% sepanjang 2023.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.

Bank Tabungan Negara (BTN) bertekad meningkatkan pinjaman kepemilikan rumah syariah

Hingga November 2023, aset BTN Syariah telah mencapai Rp49 triliun.

IDCTA: Partisipasi global dapat meningkatkan penjualan kredit karbon Indonesia

Pasar karbon Indonesia yang baru dibuka memiliki sebanyak 71,95% kredit karbon yang belum terjual pada akhir 2023.