GrandLucky Superstore memanfaatkan customer insight dalam mengkurasi produknya  | Asian Business Review
, Indonesia
1287 views
Felicity Luck, Director of GrandLucky Holding Group

GrandLucky Superstore memanfaatkan customer insight dalam mengkurasi produknya 

Superstore ini kini beroperasi di tujuh lokasi di seluruh Indonesia.

Sementara banyak yang tertinggal dalam sektor ritel yang dinamis, GrandLucky Superstore merangkul perubahan konstan saat bergerak maju.

Tidak heran, superstore yang diluncurkan pada 2022 melalui joint venture (JV) dengan Erajaya Food & Nourishment, salah satu retailer besar di Indonesia, bertujuan tidak hanya beroperasi di tujuh lokasi storenya tetapi juga tetap relevan dengan kebutuhan shopper melalui produk-produk yang telah dikurasi.

"Kami bertujuan untuk memberikan one-stop shopping experience sehingga shopper dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, mulai dari bahan makanan hingga makanan ringan dan perlengkapan kebersihan, semuanya tersedia dalam satu lokasi," kata Felicity Luck, direktur GrandLucky Holding Group, dalam wawancara eksklusif dengan Retail Asia.

Untuk mendukung one-stop shopping experience, superstore ini ditempatkan secara strategis. Ada empat outlet di Jakarta: di Mall of Indonesia, Sedayu City Kelapa Gading, Central Market PIK, dan BSD City. Sementara, tiga dari outletnya berada di luar Jakarta, dengan toko GrandLucky pertama berlokasi di Sanur, Bali. Selain itu, lokasi supermarket ini juga ada di Sumbawa, NTB, dan pada 2023, supermarket ini diluncurkan di Pakuwon City, Surabaya dengan brand, Hokky Supermarket

Berbicara tentang lokasi strategis, Felicity mengacu pada area tanah luas yang mampu menampung toko GrandLucky yang sebagian besar dalam format stand alone. Ruang parkir yang cukup untuk meningkatkan aksesibilitas konsumen juga menjadi hal yang penting.

"Baru-baru ini, kami lebih fokus menempatkan toko di area residensial karena seiring waktu, jalan-jalan menjadi lebih padat, lebih sibuk, sehingga lebih cocok bagi kami untuk mendekati area residensial. Namun, itu bukan rumus yang baku karena yang terpenting adalah lokasi yang memudahkan akses bagi para shopper," katanya.

Beralih ke tata letak di dalam toko, manajemen mendesain layout toko dengan tujuan mendukung alur belanja konsumen, mulai dari masuk hingga keluar toko. Manajemen bahkan memperhatikan tata letak detail dari bagian-bagian seperti area seafood dan daging, yang sering kali basah, untuk menghindari ketidaknyamanan bagi shopper saat mengunjungi stan-stan tersebut.

"Kami berusaha mempertahankan atmosfer yang terang dan jelas namun tidak kaku di setiap toko, membuatnya nyaman namun juga menggoda bagi shopper," tambah Felicity.

Kurasi produk

Keunikan dari GrandLucky Superstore terletak pada kurasi produknya yang beragam. Supermarket ini menargetkan segmen pasar premium dengan menyediakan barang-barang impor serta lokal berkualitas tinggi yang jarang ditemukan di tempat lain.

"Contohnya yang baru-baru ini kami terapkan adalah menawarkan berbagai jenis kecap kedelai. Di Indonesia, yang umum adalah kecap manis dan kecap asin. Tetapi ada berbagai jenis kecap dari masing-masing brand yang memiliki karakteristiknya sendiri.  Beberapa kecap ada yang cocok untuk dimakan dengan siomai, beberapa untuk sate, bakso, dan sebagainya; dan itulah yang kami coba hadirkan ke toko untuk menawarkan berbagai pilihan kepada konsumen," jelas Felicity.

Selain kecap kedelai, GrandLucky juga menawarkan berbagai macam teh yang memiliki keunikan dari daerah asalnya. Hal yang sama berlaku untuk kopi, yang tersedia dalam campuran berbagai jenis biji kopi mulai dari robusta hingga arabika.

Supermarket ini juga menyajikan oleh-oleh khas kuliner jalanan dari beberapa daerah, seperti lumpia dari Kota Semarang dan keripik dari Padang. Luck bahkan melakukan upaya besar dengan bertanya kepada penduduk asli Padang untuk mengetahui keripik mana yang lezat sebelum memperkenalkannya ke rak.

"Tujuan kami bukan hanya memudahkan konsumen dalam berbelanja tetapi juga mendukung UMKM untuk memperkenalkan brand dan produk mereka tidak hanya di pasar lokal tetapi juga kepada tamu-tamu asing yang berkunjung," katanya.

Makanan ready-to-eat dan grab-and-go adalah fitur lain yang memudahkan pengalaman belanja konsumen di outlet-outlet GrandLucky. Berbagai masakan tersedia di superstore ini, mulai dari kuliner Barat dari Prancis dan Amerika hingga masakan Asia dari India dan Korea Selatan.

Peran customer insight

Dalam memilih produk-produk tertentu, superstore ini mengandalkan bimbingan dari tim khusus yang mengkurasi rak produk dan memastikan kualitasnya. Mengenai harga, Felicity mengatakan bahwa mereka berusaha menetapkan semua harga secara kompetitif, menjaga harga agar terjangkau namun sejalan dengan kualitas produk.

Strategi lain yang digunakan oleh GrandLucky adalah mendapatkan insight dari konsumen melalui survei dan mengadakan focus group discussion dengan tim Erajaya Food & Nourishment untuk memetakan keinginan konsumen dan kebiasaan baru mereka.

"Ini bukan hal yang jarang," kata Felicity tentang mendapatkan masukan langsung dari shopper melalui percakapan dengan manajer toko di lokasi. "Tim kami sering mengidentifikasi shopper yang kerap berbelanja di outlet kami," katanya.

Biasanya, para pembeli ini didekati oleh manajer di tempat untuk menanyakan pengalaman berbelanja mereka dan apa yang mereka sukai dan butuhkan. "Kami menerapkan pendekatan ini untuk memastikan bahwa kami tidak mengabaikan saran langsung dari shopper kami, di mana hal itu sangat berharga," kata Felicity.

Tetap relevan

Ke depan, GrandLucky Superstore terus berusaha untuk tetap relevan bagi konsumen.

"Adanya teknologi, globalisasi, dan pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan dalam perilaku konsumen, menggeser standar hidup dan kualitas hidup. Sebagai peritel, kami bertujuan untuk selalu tetap relevan dengan perubahan kebiasaan konsumen," kata eksekutif ritel tersebut.

Dia mengungkapkan bahwa rencana ekspansi dan kolaborasi sudah dalam tahap pelaksanaan. Salah satu kolaborasi adalah dengan mitra GrandLucky, Erajaya Food & Nourishment, untuk memperkuat loyalty program guna lebih memahami konsumen dan tren saat ini tentang konsep omnichannel di sektor ritel.

"Kami tentu tidak melupakan bisnis inti kami, memastikan bahwa outlet-outlet ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen karena kami percaya masih banyak potensi yang belum tersentuh di pasar offline. Oleh karena itu, kami memperhatikan dengan seksama pengalaman berbelanja di setiap toko kami. Namun, di sisi lain, kami juga melihat pentingnya digital, di mana kami berharap bisa menghadirkannya dengan saling melengkapi," kata Felicity.

Untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di toko, manajemen superstore tersebut berusaha untuk memperkenalkan konsep-konsep yang baru dan segar di setiap outlet mereka. Misalnya, dengan memperluas konsep ready-to-eat di toko mereka di Central Market Pantai Indah Kapuk (PIK) Golf Island di Jakarta, di mana mereka menghadirkan pilihan produk bagi shopper yang sedang menjalani gaya hidup sehat atau healthy conscious. Produk lokal juga menjadi tambahan terbaru di toko baru mereka yang diluncurkan pada bulan November lalu di BSD.

"Kami bertujuan untuk menerapkan pengalaman yang segar dan berupaya memperkenalkan konsep-konsep baru di toko-toko kami. Namun, di sisi lain, kami tetap fokus pada penyediaan kebutuhan sehari-hari dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau," kata Felicity.

Dengan keinginan untuk terus beradaptasi, menawarkan produk yang unik dan selektif, sambil memenuhi beragam kebutuhan konsumen, GrandLucky berkomitmen menjadi peritel terkemuka di Indonesia.

BRI Life mengandalkan kanal bancassurance di tengah permintaan asuransi yang meningkat

Hingga November 2023, kanal bancassurance berkontribusi sebesar 81% dari total pendapatan premi BRI Life.

Allianz Syariah menawarkan asuransi Syariah untuk seluruh masyarakat Indonesia

Tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang masih rendah mendorong perusahaan menerapkan langkah jangka pendek dan panjang.

Aplikasi blu oleh Group BCA memperluas ekosistem digital melalui BaaS

Strategi tersebut telah berhasil meningkatkan transaksi dan membangun kepercayaan nasabah sebesar 53,4% sepanjang 2023.

RUU data kesehatan Singapura mewajibkan pengaturan pemberian informasi

Untuk memastikan pengungkapan dan pemberian data, Kementerian Kesehatan dapat memberlakukan denda hingga $1 juta atas ketidakpatuhan.

Asuransi melonjak berkat lonjakan wisatawan Hong Kong

CEO Jim Qin dari Zurich Insurance menyatakan tren liburan yang panjang pada warga Hong Kong di 2023, meningkatkan penjualan asuransi perjalanan.

Bank Tabungan Negara (BTN) bertekad meningkatkan pinjaman kepemilikan rumah syariah

Hingga November 2023, aset BTN Syariah telah mencapai Rp49 triliun.

IDCTA: Partisipasi global dapat meningkatkan penjualan kredit karbon Indonesia

Pasar karbon Indonesia yang baru dibuka memiliki sebanyak 71,95% kredit karbon yang belum terjual pada akhir 2023.

MST Golf mengubah lanskap ritel golf di Indonesia

Eksekutif ERAL percaya bahwa kemitraan ini akan mendorong gaya hidup bermain golf di seluruh Asia.